Posted by : Jhonni Saputra Friday, 4 May 2012

Contoh Gambar
Untuk menambah kecepatan TAMIYA itu gampang-gampang susah,rahasianya hanya ada di dalam cara melilitnya.cara melilitnya sebenarnya dibutuhkan ketelitian agar kerapatan lilitan dapat tercapai. Untuk kelas tune up sebaiknya memakai lilitan 0,45 - 0,8 mm, magnet pun berbeda-beda karakternya,untuk 0,45 - 0,6mm sebaiknya memakai magnet tipis untuk menyetabilkan arus listrik,untuk diameter kawat diatas 0,6 dianjurkan memakai magnet tebal untuk menambah torsi dinamo tersebut. Intinya semakin banyak lilitan semakin besar pula torsinya(speed rendah), dan semakin besar pula dibutuhkan magnetnya. Saya anjurkan setelah melilit supaya lilitan tersebut dilem menggunakan lem kering sejenis alteco agar lilitan tersebut tidak renggang saat dinamo berputar akibat gaya sentrifugal.

Perbandingan lilitan dan kuat arus :
I1={N2/N1}x I2 ; untuk N= banyaknya lilitan, I kuat arus. jadi I=V/R , berarti kamu bisa hitung besar lilitan yang dibutuhkan dengan mengetahui volt batre dibuat tetap, sedang tahanan yg berubah. Perlu diperhatikan juga, apabila putaran yang di hasilkan dinamo besar akan tetapi akan berpengaruh terhadap ketahanan magnet, akibatnya panas yang dihasilkan bisa membuat dinamo berasap.
(12 lilitan)

Biar saya berikan penjelasan pertaman cari kawat ukuruan 0.5 kemudian anda gulung kawat di dinamo tersebut dengan gulungan mencapai 12 gulung untuk 1 kilik, dan tiap masing masing 3 kilik anda harus 12 gulungan, dan selesai. Kemudian gulung lagi ke awal sekitar 10 gulungan, berarti dalam 1 kilikan anda mendapat 22 gulungan dari yang pertama dan yang ke dua. 
artinya kawat tersebut menjadi dua lapis, SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL.

Catatan:
Semakin banyak anda menggulung kawat pada Dinamo semakin besar Magnet yang di butuhkan agar Dinamo tidak cepat panas.

Jenis-jenis Dinamo Tamiya
 Mengenai Dinamo Tamiya sebaiknya gunakan yang warna HITAM, karna berdasarkan yang lihat TEMBAGA Dinamo HITAM lebih tebal dari yang lain.

SARAN
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sebaiknya langsung saja mengganti tembaga dinamo dengan yang lebih besar agar tidak terjadi penghambatan aliran arus karna perbedaan ukuran tembaga, anda cuma butuh SOLDER untuk menyambungnya.

gambar sebelum & sesudah tembaga di ganti seperti saran di atas
Video Perbedaan Setelah Tembaga di Ganti Dengan Yang Lebih Tebal

{ 46 komentar... read them below or Comment }

  1. kurang jls cra nympeinnya kk
    klo bsa d ksih gmbrnya
    [[:shakehand]]

    ReplyDelete
  2. kurang jls cra nympeinnya kk
    klo bsa d ksih gmbrnya
    [[:shakehand]]

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas...klo magnet pengaruh ga sih buat kecepatan tamiya....

      Delete
    2. jelas bnget bro, soalnya kec putaran dinamo ditentukan oleh kuatnya medan arus listrik yang di hasilkan oleh magnet
      gunakan magnet yang warna hitam, yang putih juga bisa tapi itu produk lama

      Delete
    3. gan,berarti lilitan yang ke3 tetep 12 ya???

      Delete
  3. ngelilit searah jarum jam, law bisa pke angkur yg besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkur ukuran brapa?bleh mnta gmbar lilitan'y ga?

      Delete
  4. magnet sangat berpengaruh, tp tergantung lilitannya

    ReplyDelete
  5. berarti lilitan yang jumlahnya 22 hanya 1 dan 2 aja ya sedangkan yang ke3 masih tetep 12 ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya 22 gan..

      Delete
    2. woy ajarin ngilik sih gk bisa-bisa gw

      Delete
  6. buat lililtan0,45 magnet tipis sama daya kemagnetanya lemah?

    ReplyDelete
  7. Gan..untuk 10 lilitan terakhir ato yang kedua... itu nempel ke spul juga mirip 12lilitan yang pertama...??? Satu lagi untuk dobel kawat tsb gmn klo warna ato jenis kawat beda...????

    ReplyDelete
  8. gan,berarti lilitan yang ke3 tetep 12 ya???

    ReplyDelete
  9. apa bedanya magnet warna putih dan hitam?

    ReplyDelete
  10. Mantep gan,.,.,. sangat membantu.,.,.

    ReplyDelete
  11. mas baterai apa sih khusus untuk tamiya yamas

    ReplyDelete
  12. Kalo pake timah yang warna merah agak kecil ukuran nya apa bisa brad?

    ReplyDelete
  13. yang di lem kawat lilitanya bukan?

    ReplyDelete
  14. tsendat2 puternya;

    ReplyDelete
  15. yang ketiga juga dilapis dua kagak gan??
    trus kawat lapisan kedua itu putus apa langsung nyambung aja sama yg pertama??

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. thanks for info..
    pandita198.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Mantep ni om ilmunya,,,,

    salam gassss polll

    kalo blog ane teme cuma cerita2 tamiya/mini 4wd
    silahkan kalo mau hadir
    http://ipunktamiya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. sory gan numpang nanya,dulu gua pernah ngilik pake tembaga 0,5 terus gua lilitin sama 0,5 juga,jadi kaya tambang gitu,pas gua kilik ke angkur dapet satu gulungan doang,pas gua coba kenceng juga,agan bisa kasih tips ga buat gulungan yang di pelintir kaya gitu.gua sih cuma nyoba-nyoba aja kemaren eh taunya bisa

    ReplyDelete
  21. Untk dinam0 auldey bagus tuh gan. . .yg mgnetnya wrna putih, daya tariknya bsar, trus gunakan lilitan yg lbh bsar . .ane dah c0ba di lantai eh malah brputar kaya gangsing knceng bnget putaranya hanya pd satu tmpat, ga pindah . .bner" kaya gangsing putaranya. . .dan untk tabung yg daya tariknya sedang, kalian bisa gunakan lilitan dari dinam0 V2. . .lilitanya ga trlalu bsar. . Itu c0c0k ane dah c0ba. , hasilnya putaran r0da tdk trlalu kenceng tpi larinya patas exspres. . .suaranya halus. .tpi trgantung pd lilitanya . .lilitan jga ga pzti pas jika di hitung dari brapa bnyak gulungan tiap ankernya. . .usahakan di hitung pnjangnya lilitan yg akan di lilit di tiap" anker agar smua pnjangnya sama. . .
    .
    slamat mnc0ba. .sm0ga brhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan nomor telepon lo berapa atau pin bb atau fb lah ane mau ngobro dan punya pertanyaan banyak nihh !! di bales ya

      Delete
  22. Kalo pengganti solder sebaiknya pake apa ya gan....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih lem alteco bisa gan, tp kemungkinan putusnya blum tau coba aja gan

      Delete
  23. Artikel yang menaik kawan...sukses buat blognya ya

    ReplyDelete

Berkomentarlah di blog ini dengan cerdas
* Jangan mencantumkan link ex: http://xxx
* Untuk menampilkan emoticon, ketik kodenya ex: =))
Jangan sampai komentarmu masuk ke dalam SPAM!

Popular Post

Sponsors

Powered by Blogger.

Barcode









free counters

- Copyright © JHONNI SAPUTRA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -